Cara Membedakan Sakit Pinggang dengan Syaraf Kejepit

Salah satu penyakit yang mungkin sering kita dengar ialah Syaraf Kejepit. Tetapi, seringkali masyarakat yang kurang paham tentang dunia kesehatan, selalu salah membedakan antara syaraf kejepit dengan sakit pinggang.

Seorang dokter speliasis orthopedi Dr. Harmantya Mahadipta menjelaskan bahwa penyakit syaraf kejepit atau sering juga disebut HNP mempunyai ciri umum berupa rasa nyeri cukup hebat pada bagian tubuh secara menjalar.

sakit pinggang2

Model wanita yang mengeluh sakit di daerah pinggang.

Pada saat acara temu media yang diadakan oleh Ramsay Health Care Indonesia di Jakarta, Iapun mengungkapkan kepada wartawan “jadi rasa sakitnya itu bukan hanya terjadi pada pinggang, bisa sampai kaki. Kadang juga disertai kaku dan kesemutan, pegal yang menjalar.

Faktor utama terjadinya syaraf kejepit adalah tekanan yang meningkat pada bagian syaraf, umumnya di bagian pinggang dan leher. Tekanan tersebut menyebabkan diskus mengalami benjol yang menjadi bantalan tulang sehingga menekan bagian syaraf.

Sangat berbeda jauh dengan sakit pinggang, sakit akibat syaraf kejepit sering disertai kesemutan, lemah, kebal dan lama kelamaan akan menimbulkan kelumpuhan.

Perlu anda ketahui, rasa sakit yang timbul akibat Syaraf Kejepit tidak akan sembuh dengan melakukan peregangan atau dipijat.

Bagi anda yang ingin mengetahui Cara Membedakan Sakit Pinggang dengan Syaraf Kejepit, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik diserta anamnenis. “Dari pemeriksaan, sekitar 80% telah diketahui apakah HNP atau bukan. Tetapi kadang harus dilakukan pemeriksaan penunjang seperti MRI agar lebih akurat,” pungkas dr. Harmantya. (Health Kompas)

, , ,

One thought on “Cara Membedakan Sakit Pinggang dengan Syaraf Kejepit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *